Cara Jitu Membuat Rumah Jadi Ruang Kantor untuk Produktivitas Bekerja

Membuat rumah menjadi lebih luas atau lebih nyaman tentu sudah sering didengar oleh banyak orang. Namun bagaimana untuk mengubahnya menjadi ruangan kantor? Pastinya bagi Anda yang ingin menyelesaikan berbagai pekerjaan kantor di rumah, hal tersebut ingin sekali bisa diwujudkan. Tenang saja, berikut ini akan dijelaskan tahap-tahap dalam pembuatannya.

  1. Tentukan Dulu Gaya Bekerja Anda

Hal pertama yang mesti Anda perhatikan adalah menentukan dulu gaya bekerja yang ingin Anda wujudkan. Apakah gaya bekerja yang benar-benar sunyi sehingga Anda dapat berkonsentrasi penuh? Atau gaya bekerja yang tetap dapat melihat anggota keluarga Anda seperti anak-anak? Dengan mengetahui gaya bekerja ini maka nantinya Anda bisa menentukan desain yang tepat.

Seperti gaya bekerja yang membutuhkan fokus total maka Anda bisa menyulap loteng maupun ruang bawah tanah di rumah untuk dijadikan kantor. Sedangkan apabila Anda tergolong ingin tetap mengawasi anak-anak Anda sambil bekerja maka ruang keluarga bisa diubah jadi kantor. Anda hanya tinggal menyesuaikan desainnya dengan seperti yang diinginkan.

  1. Buatlah Sebuah Pintu Pemisah

Meskipun akan disulap menjadi kantor, ada baiknya Anda tidak melupakan privasi bagi rumah. Hal ini mesti diperhatikan agar anggota keluarga lain yang tinggal di rumah tidak terganggu dengan kegiatan bekerja Anda. Cara paling jitu adalah dengan memisahkan antara ruang privasi keluarga dengan ruang publik yang bisa digunakan untuk kepentingan bekerja.

Bagaimana cara untuk memisahkannya? Gunakanlah sebuah pintu pemisah yang menjadi pembatas antara ruang privasi dengan ruang publik. Pintu pemisah ini sendiri bisa didesain dengan sedemikian rupa agar terlihat berbeda. Desain pintu yang berbeda dan khas ini akan menjadi penanda setiap orang untuk mengetahui keberadaan mereka di rumah tersebut.

  1. Desain Ruang Khusus Tersebut agar Terlihat Profesional

Memiliki kantor di rumah juga tidak menutup kemungkinan adanya tamu atau klien yang datang. Klien yang datang ini tentunya juga mesti disambut dengan profesional. Salah satunya dengan mendekor ruangan khusus kantor di rumah tetap terlihat profesional. Bagaimana caranya? Pisahkan dekorasi ataupun perabotan yang berhubungan dengan keluarga dari ruangan itu.

Sebut saja seperti foto keluarga yang berukuran besar, mainan anak-anak ataupun buku-buku anak. Ubahlah ruang khusus tersebut tetap terlihat tak ubahnya ruangan kantor lainnya. Hal ini bukannya tanpa alasan untuk dilakukan. Dengan memperlihatkan ruangan kantor di rumah yang tetap terlihat profesional akan membuat klien merasa dihargai dan percaya dengan kerja Anda.

  1. Buatlah Sebuah Ruangan Komunikasi Khusus

Bekerja biasanya lekat dengan kegiatan seperti menerima telepon, menerima surat elektronik hingga mendapatkan klien. Hal ini mestinya Anda perhatikan dalam mendesain ruangan di rumah untuk kepentingan bekerja. Salah satunya yang tidak boleh ditinggalkan adalah membuat sebuah ruangan komunikasi khusus.

Ruangan komunikasi khusus ini nantinya akan berisi berbagai alat komunikasi yang dikhususkan untuk kepentingan kantor. Sebut saja mulai dari telepon, komputer, mesin fax, mesin print hingga ruangan berdiskusi dengan klien. Meskipun terlihat sepele, sayangnya banyak orang yang melewati membuat ruangan khusus ini.

Dengan tidak adanya ruangan khusus ini maka bukan tidak mungkin komunikasi untuk rumah dan komunikasi untuk kantor bisa tercampur. Apabila kondisi ini sampai terjadi maka dipastikan akan mempengaruhi kinerja Anda. Selain itu, ruangan ini juga mencegah anggota keluarga untuk mengetahui ataupun mengacak informasi khusus untuk pekerjaan yang ada di kantor.

Bagaimana? Bukankah membuat rumah jadi kantor bukan perkara yang sulit? Meski begitu, sangat disarankan bagi Anda untuk mempekerjakan desainer interior. Mereka yang lebih profesional tentunya akan lebih sempurna menerapkan semua hal yang sudah dijelaskan di atas.

No Comments

Leave a Comment