Palsu atau Asli, Berikut Ciri Telur yang Baik

Beredar tentang isu telur palsu yang terbuat dari plastik membuat resah masyarakat. Mengingat telur adalah salah satu sumber protein yang mudah diolah, dan biasa digunakan sebagai menu sarapan yang praktis. Tidak salah jika kabar ini pun memicu keresahan bagi masyarakat.

Kepala Satgas Pangan, Irjen Setyo Wasisto, menegaskan pihaknya sudah melakukan pengecekan dan tes atau uji laboratorium. Hasilnya, telur yang sempat dicurigai dan viral itu dipastikan telur asli.

“Sampaikan ke masyarakat, tidak ada lagi yang namanya telur palsu. Ini udah diuji di laboratorium IPB (Institut Pertanian Bogor),” tegasnya.

Pengaruh penyimpanan dapat mempengaruhi kondisi telur. Nah, agar tidak terjebak dengan fenomena telur palsu yang meresahkan berikut ini adalah perbedaan telur ayam baru dan lama, seperti yang dikutip dari Kementerian Pertanian Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.

  1. Pada telur ayam baru batas putih telur tebal dan tipis terlihat jelas, sedangkan pada telur lama batasnya tidak jelas.
  2. Telur ayam baru tidak ada bercak darah atau benda asing di putih telur, sedangkan pada telur lama terdapat bercak darahnya.
  3. Bentuk kuning telur pada telur ayam baru bulat dan posisi di tengah, sedangkan pada telur lama, kuning telurnya agar minggir.

Agar tetap aman mengonsumsi telur, usahakan untuk tidak menyimpan telur terlalu lama. Hal ini dikhawatirkan telur akan menjadi rusak dan dapat berbahaya bagi kesehatan. Karena penyimpanan telur yang terlalu lama dapat mempengaruhi kualitas telur. So, mulai sekarang tidak perlu panik lagi menghadapi isu telur palsu. Semoga informasi ini bermanfaat.

No Comments

Leave a Comment